WHAT'S NEW?
Loading...

STNK Hilang, Begini Proses Mengurusnya

STNK Hilang sama berharganya seperti kehilangan barang berharga lainnya, karena STNK merupakan surat bukti kepemilikan kendaraan yang harusnya menyertai kendaraan Anda. Tidak memiliki STNK sering kali membuat kepemilikan seseorang atas kendaraan menjadi diragukan. Orang orang juga akan cenderung berpikir bahwa kendaraan tersebut bukanlah kendaraan milik Anda. Bahkan pihak kepolisian juga tak akan segan untuk memberikan peringatan tilang karena Anda membawa kendaraan bermotor tanpa menyertakan surat surat kelengkapan. Sehingga bila Anda mengalami kehilangan STNK, janganlah panik dan segera memprosesnya.

Cekaja Otomotif

Bagi Anda yang mengalami STNK Hilang, tak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan pemrosesan untuk membuat STNK yang baru. Dan untuk melakukan pengurusan ini, sebaiknya Anda jangan menundanya. Biasanya orang yang mengalami kehilangan STNK akan menunggu beberapa hari dengan harapan ada yang menemukan dan kemudian mengembalikannya. 

Akan tetapi ternyata menunda pemrosesan STNK ini sangat riskan dan juga tidak baik untuk Anda. Hal ini karena mengingat bahwa STNK adalah merupakan surat penyertaan mengenai identitas kendaraan bermotor dan bukti kepemilikan. Hal ini menjadi makin memburuk apabila kendaraan bermotor Anda gunakan untuk aktivitas sehari hari. Oleh karena itu, bila Anda menyadari kehilangan STNK segeralah melakukan pemrosesan yang tepat.

Dalam melakukan pemrosesan dan juga pelaporan STNK Hilang, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Yang pertama adalah Anda harus segera membuat laporan mengenai kehilangan STNK di kentor kepolisian terdekat. Jangan lupa untuk menyediakan alat tulis sendiri sebagai jaga jaga. Pengaduan Anda ini bisa dilakukan di kantor polisis baik di Polres maupun Polsek terdekat. Nantinya akan diminta untuk mengisi sebuah surat keterangan yang nantinya perlu Anda bawa saat akan melakukan pemrosesan pembuatan STNK yang baru. 

Setelah memiliki surat keterangan, maka selanjutnya Anda perlu menyiapkan kelengkapan persyarata yang dibutuhkan. Persyaratan ini biasanya ialah berupa KTP pemilik kendaraan bermotorm fotopi STNK yang hilang, surat keterangan kehilangan STNK yang sudah Anda proses di kepolisian dan juga BPKB. Dokumen dokumen tersebut perlu Anda sertakan untuk membuktikan bahwa kendaraan bermotor tersebut memang milik Anda.  nantinya STNK baru Anda akan diproses di Samsat. Selain itu di Samsat Anda juga akan melakukan cek fisik kendaraan, melakukan pembayaran pajak, melakukan pembayaran biaya pengurusan STNK hilang, sekaligus mengurus blokir STNK yang hilang.
Pengurusan STNK Hilang ini sebenarnya sangat mudah dan juga terjangkau. Bila Anda merasa bahwa pengurusan STNK yang hilang ini membutuhkan waktu yang lama sehingga Anda rela membayar calo, maka Anda telah melakukan kerugian yang besar untuk Anda sendiri. Karena pasalnya aturan mengenai tarif penerbitan STNK ini telah diatur dengan jelas dalam Peraturan Pemerintah no 5 tahun 2010. Sehingga Anda tak perlu takut dengan adanya pungli atau pungutan liar.

0 komentar:

Posting Komentar