WHAT'S NEW?
Loading...

Bagi Yang Belum Tahu, Ini Lo Fungsi Frame Slider

Halo sobat sitemaplus.com semua! kali ini aku mau share informasi mengenai Frame Slider. Sepeda motor sebagai alat trasnportasi di Indonesia memang mempunyai resiko yang lebih tinggi dibanding dengan kendaraan atau alat transportasi yang lainnya, terlebih perilaku pengguna sepeda motor yang atitudenya kurang baik. Walaupun begitu, sepeda motor tetap banyak diminat karena lebih efisien waktu dan biaya.

Frame Slider

Karena sepeda motor lebih rawan mengalami kecelakaan atau hal paling kecil adalah ambruk saat motor dalam kondisi parkir. Maka dari itu, beberapa orang kreatif membuat beberapa alat pengaman yang berguna untuk melindungi atau meminmalisir kerusakan yang dihasilkan dari sebuah insiden.

Persiapan berkendara bukan hanya dating dari pengendaranya, pengendara juga harus menyiapkan kendaraannya agar siap menghadapi setiap kondisi jalan. Salah satunya adalah alat pengaman pada kendaraan.

Alat pengaman itu ada beragam, mulai dari engine guard hingga frame slider. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin mengupas sedikit tentang plus minus dari penggunakan frame slider ini. Frame slider ini lazim digunakan pada motor fairing atau pada motor yang sering digunakan untuk track day di sirkuit. Fungsi utamanya untuk melindungi bodi motor.

Bagi yang masih asing dengan aksesoris kendaraan roda dua mungkin akan bertanya apa fungsi benda ini, frame slider adalah sebuah aksesoris/perlengkapan tambahan pada motor untuk melindungi body motor dari benturan langsung saat terjatuh. Frame Slider kerap digunakan untuk mencegah benturan langsung ke bagian body motor. Selain itu, tergantung dengan posisi dan pemasangannya, perlengkapan ini juga bisa berfungsi untuk mendistribusikan benturan, sehingga tidak “melukai” rangka mesin ketika jatuh.

Frame slider itu biasanya dipakai di motor-motor sport berfairing, karena bentuknya seperti tonjolan di body motor, jadi ketika motor rebah, permukaan aspal/tanah hanya mengenai frame slider yang menonjol tersebut. Setelah ngetrend di motor-motor sport fairing, ternyata produsen juga membuat frame slider untuk motor-motor streetbike atau nakedbike.
Frame slider terdiri dari pipa atau plat besi dan jalu slider yang dipasang pada rangka motor. Cirinya, dapat dilihat di bagian depan motor yaitu berupa tonjolan yang terletak disekitar rangka dan mesin.Umum motor jenis sport sudah memiliki rangkanya yang dilengkapi lubang untuk penempatan frame sliders.

Frame slider sendiri dibuat dengan berbagai jenis bahan, namun biasanya dari bahan alumunium dengan batang frame slider berbahan plastik. Penggunaanya langsung dipasang ke frame atau rangka motor, bisa juga ke sub frame motor dan bisa juga dipadukan dengan tubular cover rangka pada motor naked sport. 

Frame slider diklaim sangat efektif untuk melindungi motor yang ambruk, karena dapat melindungi bodi agar tidak pecah. Tapi, jika untuk crash berat, apalagi hingga motor meluncur di aspal malah dapat membuat rangka tertarik dan bisa bengkok.

Frame slider juga dapat mendongkrak penampilan si kuda besi karena terlihat ke arah motor racing yang suka ngebut diaspal. Untuk harga sangat bervarias tergantung model, bahan dan ukuran yang dipilih. Frame slider ini lebih cocok untuk melindungi motor dari jatuh yang ringan seperti ambruk, tetapi kalau crash besar malah membuat rangka tertarik, walaupun bodi tetapi utuh. 

Selain itu frame slider juga bisa digunakan sebagai sebagai dudukan untuk lampu kabut bagi biker yang gemar touring, ataupun juga sebagai tempat menggantungkan kresek belanjaan. 

Itulah beberapa fungsi frame slider, bagaimana tertarik untuk memakainya dimotor kesayangan anda.

0 komentar:

Posting Komentar