WHAT'S NEW?
Loading...

Sebelum Jadi Ibukota Negara, Jalan-Jalan Yuk Balikpapan

Balikpapan

Ngikutin kan berita kalau ibukota negara bakal pindah ke salah satu daerah di Pulau Kalimantan? Iya, betul! Ada 3 kandidat provinsi yang kabarnya akan dipilih dan saat ini sedang dimatangkan rencananya oleh Presiden Joko Widodo dan Bappenas RI. Ada Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Biar gak ketinggalan info, gak ada salahnya kan kalau kita jalan-jalan sebentar Kalimantan Timur, yang digadang-gadang punya potensi besar untuk dipilih menjadi lokasi baru ibukota negara.

Meskipun beribukota provinsi di Samarinda, namun kali ini kita akan jalan-jalan di Balikpapan, yang bisa dibilang sebagai kota metropolis yang sangat pesat pembangunannya di Kalimantan Timur. Eh, tapi sebelum jalan-jalan, cek tiket pesawat dulu, yuk. Beli tiket pesawat online aja biar lebih gampang proses pembayarannya. Cek Tiket Pesawat Online di pegipegi.com, ternyata untuk rute dari Jakarta – Balikpapan harganya sekitar 700 ribuan. Cukup murah kan? Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat PP biar lebih gampang dan bisa fokus liburan di Balikpapan.

Untuk kedatangan, Balikpapan punya bandara yang benar-benar keren dan gak kalah dengan Bandara Kualanamu di Medan maupun terminal baru Bandara Soetta di Jakarta. Desainnya yang sangat aerodinamis sudah terlihat dari saat memasuki ruang terminal kedatangan. Bahkan sejak persiapan mendarat pun, bandara yang berada dekat dengan Selat Makassar ini terlihat keren dari udara.

Balikpapan bisa dibilang sebagai kota besar yang sangat berkembang di Pulau Kalimantan. Dari tata kota, infrastruktur dan ketersediaan fasilitas lainnya, menambah semarak daerah yang berkali-kali mendapatan predikat sebagai Kota Paling Layak Huni di Indonesia. Padahal pertumbuhan kendaraan bermotornya juga besar, loh. Namun pemerintah dan masyarakat setempat benar-benar bisa berkolaborasi untuk menciptakan kota yang nyaman untuk dihuni. Tak heran jika kota ini banyak dihuni warga pendatang hingga ekspatriat, yang bekerja di perusahaan multinasional yang ada.

Jalan-jalan di Balikpapan tak lengkap jika tak mendatangi pantai-pantainya yang berada di pusat kota. Sebut saja Pantai Kemala, Pantai Patrajasa Melawai dan Pantai Manggar yang berada dalam satu garis yang sama. Uniknya, pantai-pantai  tersebut dikelola oleh pihak yang berbeda, sehingga punya ciri khas tersendiri.

Contohnya nih, Pantai Kemala yang dikelola oleh Polda Kalimantan Timur, ataupun Pantai Patrajasa Melawai yang dimitrakan pengelolaannya antara PT. Pertamina dengan koperasi setempat. Jadi meskipun bersebelahan, kamu akan menemukan suasana yang amat sangat berbeda dari kedua pantai itu. Keren kan? Banget!

Soal makanan, jangan takut. Meskipun masyarakatnya heterogen yang menyebabkan Balikpapan punya percampuran budaya, namun kulinernya bisa diacungi jempol dan beragam. Sebut saja Mantau yang beberapa tahun terakhir jadi oleh-oleh andalan jika pergi ke Balikpapan. Roti berwarna putih yang sekilas mirip Bakpau ini biasanya dimakan dengan tumisan daging atau ayam dengan saus lada hitam, sehingga membedakannya dari Mantau daerah lain.

Atau jika suka seafood dan masakan bakar-bakaran lainnya, kamu bisa datang ke kawasan Kebun Sayur, yang juga jadi sentra oleh-oleh di kota itu. Ada beberapa warung makan yang menyediakan menu seafood bakar yang nikmat dan menggoda hanya dari aroma bakarannya saja.

Jika kamu pengen mencoba sensasi makan di pinggir pantai, tak ada salahnya juga mencoba makan di beberapa resto dan kafe yang ada di lokasi belakang pertokoan di kawasan Sudirman. Namun jangan kecewa jika meja tepat di pinggir tebing pantai tidak dapat digunakan pada saat tertentu, ya. Seperti saat gelombang tinggi dan membasahi tebing, para pengelola tempat makan di kawasan tersebut lebih memilih untuk mengosongkan area pinggir.

Tips dariku agar perjalanan lebih hemat , sebaiknya cari promo tiket pesawat di PegiPegi aja dulu karena di pegi pegi biasanya terdapat banya promo potongan harga dan juga voucher menarik ! Gimana? Udah siap jalan-jalan ke Balikpapan?

0 komentar:

Posting Komentar