WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Padu Padan Kebaya Kutu Baru Brokat dan Cara Perawatannya

kebaya kutu baru brokat

Kebaya merupakan pakaian khas Indonesia, umumnya tiap daerah memiliki model kebaya yang berbeda-beda, salah satunya kebaya kutu baru. Kebaya memang banyak digunakan dalam acara resmi, namun dengan padu padan yang tepat, kebaya bisa digunakan di segala kondisi. Berikut adalah tips padu padan kebaya kutu baru brokat dan cara perawatannya.

Mengenal Kebaya Kutu Baru dan Kain Brokat
Sebelum membahas cara padu padan kebaya, sebaiknya kenali dahulu tentang kebaya kutu baru dan kain brokat. Kutu baru sendiri merupakan secarik kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada. Bentuk kutu baru bermula dari penggunaan kemben di dalam kebaya, yang kemudian tergantikan oleh kutu baru dengan alasan kepraktisan.

Sedangkan kain brokat merupakan jenis kain yang memiliki banyak dekorasi yang umum dibuat dengan menggunakan sutra berwarna, baik dengan atau tanpa benang emas dan perak. Brokat atau brukat berasal dari bahasa Italia brocato  yang berarti kain yang disulam. Brokat memiliki pola yang cukup rumit seperti bunga, tanaman dan beberapa unsur alam lainnya.

Pada zaman kolonial kebaya kutu baru banyak digunakan oleh wanita Jawa, di mana bahan pembuatnya menentukan kelas sosial seseorang. Kaum ningrat umumnya menggunakan kebaya berbahan sutra, beludru atau brokat, sedangkan kalangan biasa umumnya menggunakan kebaya buatan pabrik.

Tips Padu Padan Kebaya Kutu Baru Berbahan Brokat
Kebaya kutu baru boleh dikatakan merupakan jenis kebaya yang cukup simpel, sehingga padu padannya pun cukup mudah dan lebih fleksibel digunakan untuk berbagai kondisi. Namun, ada beberapa hal yang penting Anda perhatikan saat padu padan kebaya kutu baru brokat, yaitu warna, model dan padanannya, untuk lebih jelasnya berikut pembahasannya.

1.    Warna
Berbeda dengan zaman dahulu, sekarang kebaya, terutama kutu baru, memiliki banyak varian warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan kebaya kutu baru berwarna yang simpel seperti putih atau hitam agar lebih mudah memilih jenis bawahan, serta memberi kesan elegan dan berkelas.

Anda juga bisa memilih kebaya dengan warna cerah agar tidak terkesan kaku dan lebih santai. Pemilihan warna cerah cocok Anda gunakan untuk menghadiri acara yang tidak resmi atau sekedar hangout bersama teman. Paduan antara kebaya dan celana jeans atau rok polos bisa Anda gunakan untuk mendukung penampilan saat hangout.

2.    Model Kebaya
Perkembangan fashion membuat kebaya yang simpel seperti kutu baru memiliki banyak pilihan model. Anda bisa memilih berbagai model, mulai dari yang simpel, glamor, kebaya lengan pendek atau lengan panjang untuk Anda yang menggunakan hijab. Model kebaya kutu baru yang simpel juga bisa Anda padukan dengan dress, dimana kebaya digunakan sebagai outer. 

3.    Padanan
Bentuknya yang simpel membuat kebaya kutu baru bisa dipadankan dengan berbagai pakaian lain, seperti kain batik agar lebih terkesan tradisional, celana jeans, hijab atau pakaian lainnya. Kebaya kutu baru berbahan brokat dengan sedikit penambahan manik-manik juga bisa menjadi pilihan Anda untuk menampilkan kesan glamor dan berkelas.

Perawatan Brokat
Kain brokat yang kaya akan motif membuat perawatannya agak sulit. Cara yang paling tepat untuk mencuci kebaya berbahan brokat adalah dengan membawanya ke tempat dry clean. Namun, jika memang harus mencuci sendiri, cucilah dengan tangan dan sedikit deterjen lalu rendam sebentar saja.

Setelah selesai dicuci tidak perlu diperas dan jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung agar warnanya tidak mudah pudar. Setelah kering simpanlah kebaya dengan cara digantung dan hindari penggunaan kapur barus. Jika memang jarang digunakan, usahakan selalu mengeluarkan kebaya dan diangin-anginkan minimal sebulan sekali agar tidak bau apek.

Itulah beberapa tips tentang padu padan kebaya kutu baru brokat dan perawatannya. Perawatan pakaian seperti kebaya memang memerlukan trik khusus agar tidak mudah rusak. Berbagai tips dan cara perawatan pakaian lainnya bisa Anda lihat di laman cleanipedia.com.

0 komentar:

Posting Komentar