WHAT'S NEW?
Loading...

Agar Cepat Berkembang, Yuk Ketahui Standar Sop Untuk Manager

Manajer

Dalam sebuah perusahaan, tentu ada seseorang yang bertugas sebagai pengawas lapangan. Pengawas lapangan inilah yang dinamakan dengan manajer. Secara umum peran manajer sangatlah penting, hal ini karena manajer mengatur serta mengontrol kinerja sebuah bidang dalam perusahaan. Agar seluruh tugas karyawan berjalan dengan baik, seorang manajer pun harus mengawasi sesuai dengan sop. Lantas apa itu SOP untuk Manajer ?
 

Standar Operational untuk Manajer

1. Memimpin Organisasi
Sebagai seorang manajer, harus dapat memimpin sebuah organisasi atau suatu bidang dalam perusahaan agar bidang tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebagai memimpin sebuah organisasi, manajer juga memiliki tugas untuk mengatur strategi, untuk mencapai sebuah tujuan. Contohnya dalam pemasaran, maka manajer pun akan membuat sebuah strategi pemasaran untuk mencapai tujuan atau omset yag diharapkan. 
 
Manajer pun memiliki tugas untuk memimpin jalannya proses manajemen perusahaan, sesuai dengan bidang yang dikelolanya. Dengan memimpin jalannya proses ini, seorang manajer akan melihat kinerja dari masing masing karyawan dan melihat permasalahan yang terjadi. Apabila terjadi sebuah permasalahan, maka seorang manajer segera mengealuasi organisasi yang dipimpinnya tersebut. 
 
2. Mengatur Organisasi
Tugas utama seorang manajer adalah memimpin salah satu bidang dalam perusahaan, lantas apa itu SOP mengatur organisasi ? SOP atau Standard Operational Prosedur pada tahap ini adalah seorang manajer memiliki kewajiban, untuk memastikan bahwa seluruh strategi atau langkah yang dilaksanakan oleh karyawan sudah benar. 
 
Dapat dikatakan bahwa seorang manajer bertugas untuk mengatur, serta mengendalikan sumber daya serta proses manajemen dalam sebuah bidang yang dipimpinnya. Dengan melihat kinerja organisasi yang sesuai dengan proses manajemen, hal ini dapat meminimalisisr terjadinya kesalahan atau kegagalan dalam bekerja. 
 
3. Membangun Kepercayaan Antar Karyawan
Sebagai seorang pemimpin, seorang manajer harus memahami bahwa salah satu faktor kelancaran dalam bekerja adalah lingkungan yang baik dan menyenangkan. Lingkungan yang dimaksud bukan haya lingkungan dalam segi ruangan, maupun dekorasi melainkan suasana antar karyawan pun cukup berpengaruh. 
 
Tugas seorang manajer disini adalah untuk membangun komunikasi yang baik, serta memberikan kepercayaan antara manajer dengan karyawan. Sikap saling percaya dan komunikasi yang baik, bisa membuat kinerja setiap karyawan dapat menjadi lebih mudah dan terhidar dari masalah yang disebabkan oleh kesalahpahaman. 
 
4. Mengembangkan Kualitas Organisasi
Setelah mengatur strategi dan membangun kepercayaan dalam karyawan, lantas apa itu SOP pengembangan kualitas ? Yang dimaksud dalam SOP pengembangan kualitas adalah dimana seorang manajer bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan organisasi atau bidang yang dipimpinnya tersebut. 
 
Seorang manajer harus terus memiliki pemikiran, bagaimana profit serta aset perusahaan dapat meningkat. Meskipun profit yang saat ini telah melampaui target, terus tanamkan dalam pikiran bagaimana agar diagram profit terus mangalami peningkatan dan bukannya penurunan. Tugas peningkatan ini, juga harus dilaksanakan dengan mengembangkan kemampuan per individu.
 
5. Mengevaluasi Organisasi
Setelah seluruh karyawan atau organisasi telah melakukan pekerjaan sesuai dengan peraturan, maupun strategi yang telah dibuat maka langkah selanjutnya adalah dengan mengevaluasi. Dalam hal ini, seorang manajer wajib telah memahami perencanan atau manajemen dari oerganisasi tersebut. Dengan mengetahui atau menghafal perencanaannya, seorang manajer dapat lebih mudah mengetahui penyimpangan yang terjadi. 
 
Lantas sepenting apa itu SOP pengevaluasian ini ? tentu peratusan ini sangatlah penting. Tanpa adanya SOP evaluasi, seorang manajer tidak akan bisa menemukan akar dari permasalahan yang terjadi. Dengan adanya SOP evaluasi yang rutin dilakukan oleh manajer ini, dapat meminimalisir terjadinya kesalahan maupun kegagalan dalam mencapai tujuan. 
 
Dalam sebuah perusahaan, khususnya perusahaan yang cukup besar tentu seorang pemimpin tidak bisa melihat jalannya manajemen masing masing bidang atau posisi. Oleh karena itu dibutuhkanlah seorang manajer, yang mengurus satu bidang tertentu. Sebagai seorang manajer, perlu memperhatikan proses serta kinerja suatu bidang yang dipimin. Agar pengaturan bidang tersebut lebih mudah, maka manajer pun wajib mengikuti SOP yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar