WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Mengatasi Jika BAB Keras Pada Bayi

Cara Mengatasi BAB Keras Bayi

Banyak ketakutan orang tua saat melihat atau merasakan tanda-tanda bayinya sembelit atau buang air besar keras pada bayi, banyak orang tua yang meyakini bahwa itu semua adalah gejala sembelit, pdahal itu tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya sembelit pada bayi sangat jarang terjadi jika si Kecil meminum ASI, karena ASI memiliki nutrisi yang seimbang antara protein dan lemak yang membuat feses bayi menjadi lembut, meski dalam beberapa hari tidak BAB sekalipun.

Namun jika memang benar bayi anda sedang mengalami BAB yang keras, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya :

1.    Berikan jus buah
Beberapa buah mengandung laksatif (pelancar buang air) alami yang bisa melancarkan pencernaan bayi. Bayi bisa dibuatkan smoothies buah yang dicampur ASI atau sufor lalu diberikan pada bayi untuk melancarkan pencernaan bayi. Untuk pilihan buahnya bisa dengan buah apasaja semisal Buah plum, pear, apel, atau alpukat.

2.    Beri makanan tinggi serat
Selain buah yang mengandung laksatif, makanan yang kaya serat dan sehat untuk pencernaan juga perlu diberikan. Beberapa jenis makanan yang tinggi serat antara lain, Ubi jalar, oatmeal, hingga brokoli. Selain itu, hindari juga makanan yang bisa membuat bayi sembelit seperti pisang, sereal beras, wortel dan keju.

3.    Pilih susu formula yang tepat
Jika anda memberikan susu formula bagi si Kecil, cobalah susu formula yang mengandung dua prebiotik. Formula ini menawarkan campuran prebiotik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan melunakkan kotorannya.

4.    Ajak si Kecil untuk lebih banyak bergerak
Coba untuk lakukan senam ringan pada si Kecil supaya badannya lebih banyak bergerak. Jika bayi lebih banyak telentang, hal itu juga dapat memperlambat kerja pencernaannya.

5.    Pijat perut bayi
Posisikan bayi tidur telentang, lalu pijat perut bayi mulai dari pusarnya dengan gerakan searah jarum jam. Pijat dengan lembut, jangan terlalu keras menekan. Jika ia menangis, mungkin tekanan yang diberikan terlalu keras.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi BAB keras Pada Bayi, mudah bukan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar