WHAT'S NEW?
Loading...

Dimana Dapat Menemukan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri di Jakarta Barat? dan Apa Saja yang Dapat Ditanganinya?

Dokter

Dunia kesehatan dan kedokteran semakin maju dan canggih bukan hanya pada mesin-mesin kedokteran baru namun juga spesialisasi baru yang lebih mengkhususkan untuk penanganan masalah kesehatan tertentu. Jika Anda lebih familiar dengan spesialisasi penyakit dalam, kini spesialis tersebut memiliki beberapa sub spesialis lagi diantaranya adalah sub spesialis geriatri yang mengkhususkan untuk merawat kesehatan para lansia. Bagi Anda yang tinggal di ibu kota, Anda sudah dapat menemukan dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Jakarta Barat yang praktek di rumah sakit maupun di rumah atau klinik.

Seperti dikatakan tadi bahwa dokter spesialis penyakit dalam geriatri merupakan sub spesialis dari dokter penyakit dalam. Jadi dokter Geriatri harus menempuh pendidikan sebagai dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan pendidikan dan pengkhususan pada masalah geriatri. Sehingga dokter Geriatri memiliki keahlian untuk menangani berbagai penyakit sama seperti dokter penyakit dalam namun memiliki kelebihan yang lebih detail mengenai penyakit dalam pada lansia. Ada banyak masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh dokter Geriatri baik masalah kesehatan penyakit dalam maupun masalah kesehatan yang lebih umum diderita lansia.

Berikut ini adalah beberapa kasus penyakit yang sering ditangani oleh para dokter Geriatri:

1.    Masalah kulit.
Menua akan memberi efek pada menurunnya produksi kolagen pada kulit sehingga sel kulit tidak lagi lentur atau kenyal seperti pada saat muda. Karenanya kulit para lansia akan terlihat keriput apalagi bagi mereka yang mengalami penurunan berat badan.

2.    Obesitas.
Menjadi lansia sangat mudah terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan gerakan tubuhnya menjadi kurang gesit sehingga kurang aktif membakar lemak. Obesitas pada lansia meningkatkan resiko penyakit jantung, kardiovaskuler dan penyakit kanker. Obesitas juga dapat semakin mengurangi keaktifan lansia sehingga perlu diberikan konsultasi mengenai pola makan dan cara berolahraga yang tepat oleh dokter geriatri.

3.    Diabetes.
Merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita di Indonesia bukan hanya kepada lansia. Diabetes pada lansia selain dipengaruhi oleh gaya hidup juga dapat dipengaruhi oleh produksi hormon yang berkurang. Karenanya menjaga pola makan dan olahraga perlu dilakukan agar lansia di usia senjanya dapat lebih sehat bebas dari resiko dan komplikasi diabetes.

4.    Osteoporosis dan rematik.
Penyakit yang kerap terjadi pada lansia lainnya adalah osteoporosis dimana lansia mengalami pengeroposan tulang karena produksi massa tulang berkurang. Selain itu pelumas sendi yang diproduksi dalam tubuh juga tidak mencukupi. Hal ini dapat dibantu dengan asupan susu kalsium dan berglukosamin untuk mengurangi gejala osteoporosis.

Masih banyak lagi penyakit atau kondisi kesehatan lainnya yang dapat ditangani oleh dokter geriatri. Lalu kapan saat terbaik bagi lansia untuk menemui dokter geriatri? Bagi lansia yang tak memiliki gejala penyakit tertentu, menemui dokter geriatri bisa dilakukan setidaknya sebulan sekali untuk melakukan check up dan mendapatkan konsultasi seputar cara menjaga kesehatan yang sesuai dengan kesehatan. Kondisi lain yang mengharuskan lansia untuk menemui dokter geriatri antara lain jika lansia mengalami keluhan penyakit kompleks seperti di atas, mengkonsumsi banyak obat-obatan karena penyakitnya tersebut dan mengalami penurunan daya ingat atau masalah emosional yang berkaitan dengan usianya. Dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Jakarta Barat dapat Anda temukan di berbagai rumah sakit besar dan juga klinik serta praktek dokter di rumah. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter penyakit dalam untuk meminta rujukan ke dokter geriatri jika dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar